bagi bro bro semua yang ingin berbagi atau punya berita seputar otomotif atau modifikasi motor dan mobil, silahkan kirim gambar beserta keterangan ke alamat email blog ini: jailani.aqj@gmail.com blog ini di buat untuk berbagi informasi seputar dunia modifikasi otomotif,sharing ide modifikasi,trik,dan cara membuat kendaraan jadi lebih menarik. baik itu aliran klasik,sport,bebek,skuter,dan lain lain, karna ini adalah dunia kita

Senin, 15 Februari 2016

Motor Klasik di Indonesia era 90an

mungkin sebagian brader ada yang sempat memakainya dulu atau sekarang masih mengoleksinya, dari sekian banyak jenis motor yang beredar di Indonesia ada beberapa yang sudah tidak diproduksi lagi, terutama motor dengan tahun pembuatan 2000 kebawah, kali ini crew otorider.net mengajak brader untuk bernostalgia mengenai Motor Klasik di Indonesia yang sudah tidak diproduksi lagi yang sudah diringkas pada ulasan kali ini.

Motor Klasik Indonesia

Yamaha Force 1

Yamaha Force 1
Yamaha Force sempat melegenda pada tahun 90an, motor Yamaha  ini sangat digemari anak muda dulunya, terutama disaat Yamaha mengeluarkan seri F1ZR yang merupakan generasi terakhir Force 1.
Jenis : Bebek 2 Tak
Tahun produksi : 1992 – 2003
Kapasitas Mesin : 110cc
Harga : Rp 2 juta an (sebelum krisis moneter)

Yamaha RXZ

Yamaha RXZ
Yamaha RX-Z merupakan saudara kandung dari RX-King, motor ini merupakan salah satu motor kelas sport 2 tak yang sangat diminati masyarakat di masa lalu, ketangguhan dan kecepatan serta tampilannya yang sporty sangat dikagumi di era 90 an dulu.
Jenis : Sport 2 Tak
Tahun produksi : 1987 – 2004
Kapasitas Mesin : 135cc
Harga : Rp 3,5 juta an (tahun 95 an sebelum krismon)

Yamaha RX King

Yamaha RX King
Jenis : Sport 2 Tak Batangan
Tahun produksi : 1983 – 2001
Kapasitas Mesin : 135cc
Harga : Rp 7 juta an (tahun 98 an setelah krismon)
Karena kecepatannya yang luar biasa dimasanya motor ini sering digunakan dalam ajang balap liar, namun stigma negatif masyarakat yang menyebutnya “motor jambret” agak mencoreng nama legenda motor Yamaha ini.
Motor ini merupakan salah satu pilihan favorit para pemuda sekolah atau kuliah, kelebihan motor ini selain larinya kencang, sudah menggunakan terobosan oli samping, selain itu bobotnya juga ringan untuk ukuran motor gede masa itu.

Yamaha Alfa

Yamaha Alfa
Yamaha Alfa merupakan salah satu motor yang mudah ditemui dimana – mana pada awal era 90an, motor ini begitu popular di Indonesia dulu sehingga bisa dikatakan sebagai rajanya motor bebek pada eranya.
Jenis : Bebek 2 tak
Tahun produksi : 1988 – 1992
Kapasitas Mesin : 100cc
Harga : Rp 200 ribu an (sebelum krismon)

Yamaha Crypton

Yamaha Crypton
Yamaha Crypton merupakan penyegaran setelah Yamaha Alfa dan Force 1 yang masih menggunakan mesin 2 tak, motor 4 tak ini nantinya menjadi cikal bakal lahirnya generasi Yamaha Vega series yang masih diproduksi hingga sekarang.
Jenis : Bebek 4 Tak
Tahun produksi : 1997 – 1999
Kapasitas Mesin : 100cc
Harga : Rp 5 jutaan

Yamaha TZM

Seri TMZ merupakan salah satu produksi terbaik Yamaha di kelas motor sport pada era 90an, di masa lalu motor ini diproduksi untuk menyaingi Honda NSR, Suzuki RGR dan Kawasaki Ninja generasi awal.
Jenis motor TMZ sangat sering diincar oleh kalangan pecinta motor elit pada masa lalu yang menginginkan performa motor balap, Yamaha TMZ memang memiliki desain body dan lekukan tangki yang mirip dengan motor balap.
Jenis : Sport Fairing 2 tak
Tahun produksi : 1996 – 1998
Kapasitas Mesin : 150cc
Harga : Rp 32 juta an (akhir 90an setelah krismon)

Suzuki Satria 120

Suzuki Satria 120
Suzuki Satria 120 diproduksi guna menyaingi popularitas Yamaha F1ZR yang sedang booming di masanya, dengan desain sporty dan lebih modern membuat Satria 120 series langsung menjadi pujaan bagi pecinta otomotif era 90an.
Jenis : Bebek Sport 2 Tak
Tahun produksi : 1996 – 2005
Kapasitas Mesin : 120cc
Harga : –

Suzuki Tornado

Suzuki Tornado
“Tumpakane Suzuki Tornado” Lantunan lagu yang sering saya dengar di masa kecil ini menggambarkan kepopuleran produk Suzuki ini, motor ini hadir di era 90an guna mnandingi Yamaha F1ZR dulu, walaupun dari segi kepopularitasannya masih kalah dengan Satria 120 series.
Jenis : Bebek 2 Tak
Tahun produksi : 1994 – 2004
Kapasitas Mesin : 110cc
Harga : –

Suzuki TS 125

Suzuki TS 125
Suzuki TS 125 merupakan salah satu Motor Klasik di Indonesia dengan segmen offroad yang laris manis pada eranya, hal ini karena pada masa itu segmen motor trail masih minim persaingannya.
Jenis : Trail Sport 2 Tak
Tahun produksi : 1976 – 1993
Kapasitas Mesin : 125cc, 2 tak
Harga : –

Suzuki RG Series

Suzuki RG Series
Motor sport Suzuki yang masuk pada jajaran RG series adalah salah satu motorsport Suzuki yang laris di pasaran, Suzuki RG ini tergolong motor langka, karena sudah jarang beredar di pasaran.
Jenis : Sport 2 Tak Fairing
Tahun produksi : 1989 – 2000
Kapasitas Mesin : 150cc, 2 tak
Harga : –

Honda C70

Honda C70
Ini dia salah satu produk Honda yang melegenda, sepeda motor jadul hingga saat ini terkadang saya masih lihat motor ini diburu kolektor, disaat pesaing Honda mengusung pakem motor 2tak sebagai andalan, motor klasik Honda c70 mengusung teknologi 4tak yang diklaim jauh lebih irit, Honda C70 ini adalah salah satu kiblat motor klasik di Indonesia.
Jenis : Bebek 4 tak
Tahun produksi : 1980 – 1986
Kapasitas Mesin : 70cc
Harga : –

Honda Astrea Series

Honda Astrea Series
Tahun produksi : 1985 – 2000an
Jenis : Bebek 4 tak
Kapasitas Mesin : 80 – 100cc
Harga : –
Motor ini merupakan generasi bebek Honda yang paling populer di masyarakat, berkat Honda Astrea Series statement motor Honda sangat irit bahan bakar jadi dikenal banyak pengguna motor, dengan mesin olahan insinyur Jepang, Honda mampu menembus pasar motor Indonesia yang sebelumnya dikuasai motor 2 tak, Honda Astrea 800, Astrea Prima, Astrea Legenda, Astrea Star, Astrea Grand dan Astrea Supra merupakan generasi astrea series yang masih eksis dipakai hingga saat ini, terutama pada wilayah pedesaan.
Demikian ulasan mengenai Motor Klasik di Indonesiasemoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar