bagi bro bro semua yang ingin berbagi atau punya berita seputar otomotif atau modifikasi motor dan mobil, silahkan kirim gambar beserta keterangan ke alamat email blog ini: jailani.aqj@gmail.com blog ini di buat untuk berbagi informasi seputar dunia modifikasi otomotif,sharing ide modifikasi,trik,dan cara membuat kendaraan jadi lebih menarik. baik itu aliran klasik,sport,bebek,skuter,dan lain lain, karna ini adalah dunia kita

Senin, 15 Februari 2016

kenangan era 2 tak th 90an dg harga jual yg masih tinggi

tahun 90 an merupakan tahun-tahun masih berjayanya motor 2 tak dan masih pabrik motor merek honda saja yang memproduksi motor dengan mesin 4 tak di Indonesia.
begitu juga dengan motor dengan kategori motorsport 2 tak yang begitu berjaya pada masa kejayaannya bagi penggemar dan pecinta kecepatan tinggi pada tahun 90an.
banyak sekali motor 2 tak yang diproduksi tahun 90an dan tidak akan mempunyai harga jual kembali yang tinggi ketika memasuki tahun 2002. tapi tidak untuk motorsport full fairing dan half fairing dengan mesin motor 2 tak era tahun 90an dimana harga jual motorsport tersebut masih tergolong tinggi untuk ukuran motor yang diproduksi di tahun tersebut.
motorsport era 2 tak produksi tahun 90an yg masih memiliki harga yang tinggi adalah Honda NSR 150 series, Yamaha RX-Z dan Yamaha RZR, Suzuki RGR 150 series, Kawasaki Ninja 150 generasi pertama.
1.Honda pernah memproduksi motorsport 2 tak yang mempunyai power tertinggi saat itu di kelas motorsport 150 cc karena mempunyai tenaga hingga 31Hp yaitu NSR 150 series yang mulai diproduksi tahun 1994 dan dihentikan produksinya tahun 2001.
*Honda NSR 150R
image
Honda NSR 150R keluaran tahun 1994 ini mempunyai kapasitas mesin 150cc berpendingin udara body full fairing dan stop lamp berbentuk kotak. Honda NSR generasi ini mempunyai tenaga mencapai 28Hp. motor ini dihentikan produksinya tahun 1997/98.
*Honda NSR 150RR astra
image
Honda NSR 150RR masuk ke Indonesia tahun 2000 ini mempunyai body full fairing dengan bentuk lampu  depan bulat 2 buah dan stop lamp tidak lagi berbentuk kotak tapi meruncing kebelakang. NSR 150RR generasi ini mempunyai tenaga hingga 30Hp berpendingin udara. disebut NSR 150RR astra karena motor ini hasil produksi kerjasama Honda astra dan Honda thailand dan konon sang legenda motogp michael mick doohan ikut dalam pengembangan motor Honda NSR tipe ini. motor ini dihentikan produksinya tahun 2001.
*Honda NSR 150 new RR
image
Honda NSR 150 new RR masuk ke Indonesia tahun 2000 ini mempunyai body full fairing dengan bentuk lampu depan mata kucing dan stop lamp berbentuk meruncing ke belakang berpendingin udara. dengan berat kosong 120,9 kg NSR 150 new RR mempunyai tenaga hingga 37 ps. motor ini dihentikan produksinya tahun 2001. Honda NSR tipe ini merupakan gabungan antara NSR 150RR dan NSR 150sp.
*Honda NSR 150SP
image
Honda NSR 150SP masuk ke Indonesia tahun 2000 ini mempunyai bentuk body full fairing dengan livery repsol honda dan stop lamp meruncing ke belakang. berat kosong motor ini adalah 122,4 kg dengan tenaga hingga 39,5 ps berpendingin udara. motor ini diproduksi dan dipersembahkan untuk dedikasi michael mick doohan sebagai legenda motogp.
2.Yamaha RX-Z dan Yamaha RZR merupakan 2 motorsport Yamaha yang mempunyai half fairing dan full fairing. mulai diproduksi tahun 1987 dan dihentikan produksinya tahun 1998.
*Yamaha RX-Z
image
Yamaha RX-Z pertama kali diproduksi tahun 1989 dan dihentikan produksinya pada tahun 1998. berat kosong 106 kg, motorsport tipe ini mempunyai bentuk half fairing berpendingin udara dan undercowl dengan kapasitas cylinder 135 cc menghasilkan tenaga mencapai 21Hp juga kecepatan hingga 140km/jam.Yamaha RX-Z menerapkan YCLS(Yamaha Computerized Lubricants System) dimana teknologi ini membuat pasokan udara dan olie samping ke dalam ruang pembakaran menjadi tersuplai dengan proporsional  dan teratur yang dapat menjadikan pembakaran lebih sempurna, pernah coba diterapkan pada RX-king tetapi tidak cocok karena perbedaan karakter mesinnya. karena menerapkan teknologi YLCS maka RX-Z mendapatkan sertifikat EURO 2 untuk kategori motor ramah lingkungan dimana penghargaan tersebut tergolong sangat langka pada kategori motorsport 2 tak tahun 90an. 
*Yamaha RZR
image
Yamaha RZR pertama kali diproduksi tahun 1988 dan mulai distop produksinya pada tahun 1997. berat kosong 106 kg,  berpendingin udara motorsport tipe ini mempunyai bentuk full fairing dan stoplamp yang sama mirip dengan Yamaha RX-Z begitu juga kapasitas cylinder 135cc, punya tenaga yg sama dg Yamaha RX-Z yaitu tenaga 21hp tapi kecepatan maksimal bisa mencapai 145 km/jam
3.Suzuki RGR 150 Series
Suzuki RGR 150 Series pertama kali di produksi tahun 1989 dan dihentikan produksinya tahun 1997. motorsport Suzuki RGR ini mempunyai kapasitas mesin 150cc dengan tenaga yg di hasilkan mencapai 26,5 Hp bentuk  body ada yg half fairing dan ada yg full fairing. hanya dengan tenaga di bawah nsr series tapi motor tipe ini super ringan yang cuma 99,8 kg bisa mencapai kecepatan maksimal hingga 160 km/jam. selain berat kosong motor ini yang super ringan teknologi lainnya yg diterapkan pada motorsport suzuki tipe ini adalah teknologi SSS(Super Scavenging System) dimana teknologi berupa rongga-rongga udara di sekitar ruang pembakaran ini membuat motor akan berlari normal pada Rpm rendah dan akan berteriak pada Rpm tinggi yg membuat motor berjalan biasa saja pada putaran bawah dan akan menghentak pada putaran atas mesin.
*Suzuki RGR 150R sprint
image
Suzuki RGR 150R sprint mempunyai body half fairing berpendingin udara dan mempunyai bentuk stoplamp seperti bebek sport Suzuki sprint.
*Suzuki RGR 150R crystal
image
Suzuki RGR 150R crystal mempunyai body full fairing berpendingin udara dan mempunyai bentuk stoplamp seperti motor bebek Suzuki crystal.
*Suzuki RGR 150R tornado
image
Suzuki RGR 150R tornado mempunyai body full fairing berpendingin udara dan mempunyai bentuk stoplamp seperti motor bebek Suzuki tornado.
4.Kawasaki ninja 150R generasi pertama
image
Kawasaki ninja 150R generasi pertama ini pertama kali diproduksi tahun ……  dan digantikan oleh produksi ninja 150 selanjutnya dengan tipe yang berbeda. motor ini mempunyai body half fairing, berat kosong motor ini 124,5 kg, oil cooler, kapasitas mesin 150cc dengan tenaga sebesar 30,1 Hp bisa mencapai kecepatan maksimal 150km/jam.
cukup sekian pengetahuan dan penjabaran saya tentang beberapa motorsport era 2 tak produksi dan keluaran tahun 90an (tahun dimana saya berangkat sekolah masih mancal BMX) yang mempunyai harga jual yang masih cukup tinggi untuk ukuran motor keluaran di tahun tersebut. semoga berguna.
terima kasih selamat bernostalgia
sumber : ekosiisky blogspot, dwinugros wordpress, iwanbanaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar